...........saatnya pantun mengiringi berbagai sisi perjalanan kehidupan............

05 Mei 2010

yang belum pernah gw ungkap

gw nyadar klo gw emank belum pernah ngungkap asal muasal blog ini kenapa jadi penuh ama pantun.

dan mungkin itu pula penyebab tidak sedikit pihak yang menganggap bahwa pantun disini tuh dapet copas ataw nyontek...
jadinya pengunjung pun seenaknya aja gtu copas...

gw kira-in dengan menulis pantun di blog gw,
maka orang2 akan tahu dengan sendirinya bahwa tuh pantun bikinan gw...

soalnya jika tuh pantun dibantuin nenek ataw adik ataw temen dalam proses pembuatan pantunnya,
gw suka ngasih catatan bahwa tuh pantun dibikin bareng2 ama siapa.


begitu juga klo gw nampilin poto, yang gw ambil di internet, pasti tuh gw tulis alamat URL nya.
ataw klo ada artikel yang gw copas juga gtu, pasti gw tulis sumber nya.

tapi klo emank pantun ataw artikelnya bikinan gw sih, gak pernah gw tulis "ini bikinan gw".
soalnya gw pikir konyol aja nulis2 kayak gtu,
ya ini kan blog gw, masa yang bikin pantunnya monyet, gak mungkin kan....


eh, tapi mungkin juga sih...
eh, gak tau denk, soalnya gw belum pernah liat monyet bikin pantun sih...


saat ini rasanya
sejarah blog etikush sudah perlu dibahas.


bentar, gw ambil buku arsip pantun gw dulu.








sorry, agak lama soalnya ditaro di lemari arsip yang jarang dibuka-buka.


cerita berawal saat lebaran 1429H
(berdasarkan tanggal pada buku sampul coklat+sampul plastik lecek yang gw pegang),
gw nerima banyak ucapan selamat,
trus gw terpikir untuk mengarsipkannya,
gw arsipkan lengkap dengan nama pengirimnya,
sebagai kenang-kenangan, soalnya hape gw tuh jelek,
kapasitasnya gak muat buat nampung semua message yang masuk pas lebaran.


ternyata gw jadi punya ide buat mengarsipkan pantun2 yang uda gw bikin,
soalnya tuh buku kan masih kosong, sayang klo gak diisi.



sebenernya dari dulu entah kapan,
gw tuh suka bikin pantun ataw puisi yang gazebo,
tapi bukan di buku,
gw nulisnya di kertas kotretan,
di sela-sela ngedengarin suara dosen multivariat ataw dosen statmat,
ataw di sela-sela ngantuk pas ujian karna gw gak bisa ngerjain tuh soal.



nah, karena sayang ama tuh pantun dan puisi gazebo,
maka puisi dan pantun di kertas kotretan pun gw tulis di komputer dan simpen di harddisk,

berdasarkan tanggal di komputer, ternyata pantun gw yang sangat buruk itu uda ada dari tahun 2006.
(setelah gw punya blog pun, saking buruknya, banyak pantun2 yang zaman dulu yang gak gw posting
, apalagi puisi nya ampun deh jelek banget, trus gw simpen aja di harddisk, buat kenang2an)




semenjak lebaran 1429H,
gw memantapkan diri untuk menulis di buku tulis,
yang disampul coklat dan disampul plastik, bukan di kertas kotretan.
pertama gw bikin pantun di hape,
klo pantun nya uda gak buruk2 amat,
baru gw tulis di buku tulis,
trus gw tulis di komputer.



semenjak gw belajar rapi administrasi dan tidak memakai kertas kotretan,
sejak saat itu juga kualitas dan kuantitas pantun gw ada peningkatan, gak buruk2 banget.
malah pernah tuh, dalam satu hari gw bikin 40 pantun.
tapi cuma sekali-kalinya.
kesini nya sih gw lebih sering males nya.



waktu dulu sih pas bikin pantun niatnya cuma bikin pantun,
sukur2 ada yang mau nerbitin.
trus gw punya niatan pengen punya blog,
kali aja dengan gw tulis di blog, trus ada penerbit yang nyamperin...



tahun 2008 gw sempet bikin blog di multipy,
ini nih blognya

tapi gak lama, soalnya pas gw masukin semua pantun gw ke itu blog,
kok, tampilannya gak sesuai ama apa yang gw pengen.



trus gw coba di blogger, dan ternyata cocok.
pernah nyoba bikin di wp, blogdetik, dll juga,
tapi emank kayaknya cocoknya di blogger.




itulah kenapa pas awal posting,
blog gw langsung banyak pantun,
soalnya gw tinggal milih dari harddisk,
mana yang mw diposting dan mana yang diem aja di kotak stok.




sebenernya semua pantunnya ga kemana-mana,
cuma pindah folder aja,
yang udah diposting di taro di folder yang uda diposting,
sementara yang gak layak posting, ya udah diem aja di folder stok.



waktu dulu, disaat belum bisa online dari rumah, maka urutan bikin pantun sebagai berikut:
1. bikin pantun di hape
2. tulis di buku tulis
3. tulis di komputer
4. bawa ke warnet trus posting.

seiring berjalannya waktu,
ternyata gw bisa online dari rumah,
jadinya gak perlu nginep di warnet buat ngurusin blog lagi...



nah, disaat gw ngetik postingan di rumah,
kadang kala adik2 gw nimbrung,
dan adik2 gw pun turut serta dalam pembuatan beberapa bait pantun yang ada disini,



demikian juga dengan beberapa temen yang turut andil dalam pembuatan beberapa bait pantun.
yang jelas, secara lisan mereka sudah memberikan hak pada saya untuk menampilkan pantun buatan mereka di blog etikush, dan mereka meminta nama mereka tidak dituliskan.


di pantun sunda juga ada pantun yang bukan bikinan saya,
dan saya tulis di pantun tersebut bahwa pantun tersebut adalah bukan buatan saya, melainkan pantun zaman dulu yang masih diingat oleh nenek saya.


yang jelas, jika adik ataupun teman saya pengen pantunnya diposting di blog etikush dan meminta supaya identitasnya dirahasiakan, saya harus menurutinya bukan?

trus beberapa minggu yang lalu juga AA ngasih hadiah pantun dan minta supaya nama AA ataw link AA jangan dicantumkan, alasan nya "AA ngasih pantun itu buat adde"
dengan kata lain itu pantun uda jadi punya adde....
kan uda dikasih ke adde, iya kan, A?
makasih yach AA qu yang ganteng...
:)




darimana saya tau klo pantun yang diberikan pada saya bukan hasil copas?
saya tau karena kami (saya dan yang bikin pantun) mendiskusikan topiknya,
dan saya mengikuti pertautan kata per kata nya,
dan kami melakukannya sekitar satu menit untuk tiap pantun.
tapi hal seperti ini jarang banget.
yang sering sih, gw bikin pantunnya sendirian.



yang jelas blog ini berisi lebih dari 800bait pantun,
dan saya bisa menjamin,
95% adalah buatan saya murni (tanpa campur tangan orang lain, tapi selalu ada campur tangan ALLAH SWT)


semoga penjelasan ini membuat jelas










2 komentar:

etikush mengatakan...

buat jumlah bait pantun, sekarang uda serebu bait lebih...
dan sepertinya akan terus bertambah...
mohon doa-nya...
:)

berhubung sekarang uda serumah ama AA, dan tinggalnya cuma b2 aja,
kemana-mana juga berdua,
maka sumbangan ide dari AA adalah sesuatu yang cukup sering...
Makasih AA....
:)

I do care of U

etikush mengatakan...

walaupun awalnya saya pikir sebagai hal bodoh, namun pada akhirnya saya menuliskan secara jelas bahwa pantun di blog etikush adalah by etikush kecuali jika pada pantunnya ada embel2 dibuat bersama adik ataw nini, ataw siapapun....

jika ada yang ingin melihat dokumentasi pantun bikinan saya, saya bersedia,
silahkan menghubungi email saya,
dengan syarat,
pihak yang ingin melihat dokumentasi pantun bikinan saya harus bersedia menerbitkan pantun bikinan saya dalam bentuk buku, dan tentunya dilengkapi dengan perjanjian penerbitan buku kumpulan pantun.


terima kasih :)

====================
let us enjoy it

seluruh pantun dan artikel di blog ini dihimbau untuk dicopas dan disebarluaskan (untuk tujuan non komersil) tanpa perlu minta izin pada
etikush.
cukup cantumkan link lengkap etikush ataw sekedar "by etikush" setiap kali anda copas.
ataw menuliskan "by etikush n adik" jika ada keterangan bahwa pantun tersebut dibuat bersama adik.
terima kasih.

SELAMAT MENJELAJAH BLOG PANTUN etikush!!!
=======================

semua pantun+artikel+tulisan di blog ini adalah bikinan etikush.
kecuali
jika pantun+artikel+tulisan tersebut disertai catatan tambahan mengenai nama penulis ataw sumbernya.

========================
blog etikush memiliki aturan yang berlaku bagi setiap pengunjung blog etikush.
tentunya aturan tersebut sejalan dengan aturan blogger menyangkut hak cipta.
bila ada yang berkeberatan, harap dimengerti bahwa ini untuk kedamaian dunia akhirat anda.

salam damai
:)


========================


seluruh artikel yang menampilkan o-on dkk (i-in+a-an+e-en+u-un) bersifat fiktif dan sekedar rekayasa semata...

===============================
ada ibu berkata pada anak perempuannya:
klo kmu ampe nangis gara-gara pacarmu, mama gak akan marah ama pacarmu.
tapi mama pasti marah ama kmu, krn mama gak pernah ngajarin kmu untuk jd cewek bego yang pcaya mulut cowok.


============================== Berbeda dengan hak merek dan hak paten yang bersifat konstitutif, hak cipta bersifat deklaratif. Artinya, pencipta atau penerima hak MENDAPATKAN PERLINDUNGAN HUKUM SEKETIKA setelah suatu ciptaan dilahirkan. Lebih lanjut tentang hak cipta HUKUMHAM.INFO ==============================

tidak menemukan pantun yang anda inginkan?
silahkan masukkan kata yang anda inginkan pada kotak pencarian.
etikush
menyediakan lebih dari satu judul pantun untuk satu tema pantun yang sama.
(tersedia sekitar 1003 BAIT pantun)

Cari Pantun

hei cewek!!!
pernah dapet pantun yang membangkitkan gelora asmara (bikin kamu Ge-eR) dari cowok???
kalo pernah, ikuti langkah2 dibawah ini:
* baca kembali pantun tersebut
* masukkan rangkaian kata dalam pantun tersebut ke kotak pencarian
* bersyukurlah jika pantun tersebut muncul di blog ini, se-enggaknya kamu tau kalo tuh pantun bikinan cewek manis bernama etikush...
hehehe...
:))
=========================================
ATURAN COPAS mencantumkan " by etikush "
=========================================
ANDA PENGANUT COPAS TANPA ATURAN? Klik Disini =========================================
=========================================
makasih banget buat kamu2 yang rajin ngunjungin blog etikush,
apalagi buat yang uda kasih 'constructive comment' dan uda naro etikush di blogrollnya, thanks a lot buddies.


semoga ridho ALLAH SWT selalu bersama qta
dan semoga ALLAH SWT senantiasa menunjukkan jalan yang lurus pada qta
Aamiiin...
:)
=========================================
CARA MENGHAPUS PERMANEN AKUN FACEBOOK klik disini
=========================================

============== PANTUN PANTUN KEREN klik disini ==============

saya

Foto saya
sedang berperahu bersama penyair bersahaja

saya tidak memiliki akun facebook

etikush berhubungan dengan penyair bersahaja