...........saatnya pantun mengiringi berbagai sisi perjalanan kehidupan............

07 Maret 2009

Aq inginDiPoLiGaMi

i-in adalah sahabat karib e-en ketika di SMP,
setelah dua puluh tahun tidak bertemu,
akhirnya mereka kembali bertemu secara tidak sengaja di Mall Kelapa Muda.

"jadi suami kamu nikah lagi?!" e-en menatap i-in tidak percaya.
"iya, suami saya menikah lagi, lima tahun setelah pernikahan kami," jawab i-in.
"kok kamu mau sih dipoligami? trus anak-anak kamu gimana?" tanya e-en kemudian.

"sejak sebelum menikah pun, aq memang memiliki niat untuk berbagi suami dengan wanita lain.
anak-anak baik-baik saja, karna penerimaan anak tergantung pada penerimaan ibunya,
dan aq memang sejak awal sudah mengkondisikan anak-anak untuk mau berbagi soal apapun,
karna pada hakekatnya, apapun yang kita miliki dan kita sayangi di dunia ini,
semuanya itu adalah milik Maha Pencipta," i-in menjawab panjang lebar.


"apa? kamu sinting ya? sejak sebelum menikah,
kamu memiliki niat untuk berbagi suami?
emangnya kamu gak sakit hati kalo suami kamu berdua-an sama wanita lain?" e-en makin tidak mempercayai pendengarannya.


"sebelum saya meminta suami saya untuk menikah lagi, saya sudah pikirkan semuanya,
termasuk bagaimana perasaan saya ketika saya tidur hanya ditemani bantal+guling,
sementara suami sedang sekamar bersama istrinya yang lain.
tapi saya sadar bahwa perasaan adalah sebuah kelemahan sekaligus kelebihan bagi seorang perempuan,

perasaan dapat meningkatkan keimanan pada ALLAH SWT,
tapi perasaan pun dapat pula menjauhkan seorang hamba dari Tuhannya", jawab i-in.


"kenapa kamu bisa meminta suami kamu nikah lagi?" tanya e-en.


"karena saya bahagia memiliki suami sholeh yang nyaris sempurna dan
karena saya ingin berbagi kebahagiaan,
maka saya pun meminta suami saya untuk menikah lagi,

saya sangat yakin, bahwa wanita sholehah dimanapun,
pastilah menginginkan suami sholeh yang bisa mengayomi dalam berumah tangga
dan bersama-sama meniti jalan menuju surga,

namun sayangnya, karena jumlah wanita lebih banyak dari pria,
maka tidak semua wanita sholehah mendapatkan pria sholeh dengan segera,

dan disaat menunggu jodoh inilah,
tidak jarang, justru pria-pria penipu yang mendekati para wanita sholehah tersebut,
dengan tipu daya yang dimilikinya, para pria ini berhasil melunturkan kesholehan seorang wanita,
dan akhirnya wanita-wanita ini pun menjadi jauh dari Islam,

ada juga wanita sholehah yang sabar menunggu dan terus menunggu pria yang benar-benar sholeh,
yang entah kapan akan datang,

Di saat seperti inilah saya mempertanyakan nilai diri saya sendiri,
ketika saya bahagia karna memiliki seorang suami yang sholeh,
ketika saya sangat bersyukur karna pendamping hidup saya nyaris sempurna,
ketika saya begitu mencintai pria yang sesungguhnya milik Sang Khalik,
ketika saya menggaungkan slogan 'berbagi memang gak bikin rugi'

ketika itu pula saya sadar bahwa saya adalah wanita egois,
saya lebih mengutamakan perasaan saya,
ketimbang perasaan para wanita sholehah yang masih menunggu,

Apa salahnya jika saya berbagi kebahagiaan ini dengan wanita lain?
Haruskah hanya saya seorang yang berbahagia karna memiliki suami sholeh?
Tidak bolehkah wanita lain merasakan kebahagiaan yang saya rasakan?" i-in menjawab panjang-lebar.


"Apa anak-anak gak ada yang protes?" tanya e-en.


"anak-anak adalah fokus utama kami, karena tujuan kami menikah adalah menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, wa rohmah, dan anak-anak memang tidak ada yang protes.
yang ada adalah anak-anak bertanya, mengapa ayahnya memiliki lebih dari satu istri,
saya beri penjelasan sesuai dengan usia anak,

anak ibarat seputih kertas, dan orang tua-lah yang mewarnai-nya,

anak-anak juga dapat menangkap bahasa tubuh dengan baik,
dari bahasa tubuh orang tuanya, anak belajar untuk menerima atau menolak suatu hal,

dan dengan seperti ini, saya menjadi lebih mudah dalam menanamkan pada anak,
bahwa 'berbagi memang gak bikin rugi'," jawab i-in.


"emangnya kamu gak cemburu?" tanya e-en.


"tentu saja saya cemburu, karna cemburu adalah tanda cinta,
dan 'cemburu' termasuk dalam salah satu alasan saya saat meminta suami saya untuk menikah lagi,
saya takut menjadi wanita yang lebih mencintai suaminya, ketimbang mencintai ALLAH SWT,
padahal cinta tertinggi adalah untuk ALLAH SWT,
dan ALLAH SWT adalah pencemburu,

eia, ngomongin soal cemburu,
pernah loh, suatu waktu saya sedang ke Mall, lalu bertemu dengan suami saya beserta istrinya,
awalnya jadi agak kikuk, tapi, karna kita semua memang dewasa,
dan keputusan poligami pun berdasarkan pada pertimbangan yang matang,
kita jadinya biasa2 aja,
perasaan cemburu itu normal,
yang bahaya adalah jika tidak merasa cemburu atau jika mendramatisir rasa cemburu,

Satu hal terpenting yang saya tanamkan dalam diri saya dan anak-anak adalah
bahwa langit dan bumi beserta seluruh isinya adalah milik ALLAH SWT.

Ada orang yang menggaungkan 'berbagi memang gak bikin rugi',
namun kebanyakan orang hanya mau berbagi sesuatu yang tidak dia cintai,
bagi saya, tindakan berbagi sesuatu yang tidak kita cintai,
adalah sebuah tindakan yang menunjukkan bahwa orang lain adalah tempat sampah,

Dan jika 'berbagi memang gak bikin rugi',
relakah kita untuk berbagi sesuatu yang qta cintai?
"i-in kembali berpanjang-lebar.


"ah, kamu sih terlalu termakan istilah 'Islam bagaikan satu tubuh',
kalau ada wanita sholehah yang belum nikah, bodo amat sih, ngapain juga dipeduli-in?
kalau ada wanita sholehah yang menjadi target tipu daya pria, itu sih bukan urusan kamu,
pake sok peduli ama wanita sholehah, dasar jijay bajay ngojay,

lagian suami kok dibagi-bagi, seandainya suami aq sebaik suami kamu,
aq pasti rela mati untuk mempertahankan agar suami aq itu tetap menjadi milik qu seorang,
bahkan kalau perlu, Tuhan pun akan aq tantang," kata e-en.



baca juga:
***pacaran islami 2

35 komentar:

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
Kalau saya gak sanggup mempoligami.
Belum sekuat gatutkoco, sih

etikush mengatakan...

finally.....
setelah gw berbulan-bulan nunggu-in koment....
setelah gw berbulan-bulan tebar alamat artikel ini....

ada juga nih yang mw ngasih koment di artikel ini....
eh, bisa sekalian ngasih koment di artikel yang laen, gak...


makasih yach loe uda kasih koment...
;)

Unknown mengatakan...

kalau saya gak kepikiran untuk poligami....tapi poli pantai enak kalee....

Anonim mengatakan...

thank you for stop by in my blog...
Hem, klo' kemudian saya membaca blog kamu, Alhamdulilah untuk perempuan yang mempunyai keimanan seperti itu, apapun itu poligami adalah syah dn tidak dilarang agama... dan setiap orang bisa berkomentar apapun soal ini.

etikush mengatakan...

***Akang Asep
hehehe...
saya mah teu acan kantos nuang poli pantai....
janten kirang terang raos henteu-na....
;)


***Sayap-sayap patah
nevermind....
anyway, thanks too for stop by...

Alhamdulillah juga deh.....
;)

dilarang melarang mengatakan...

salam blogger ya kang...
semangat trus ...
http://nagapasha.blogspot.com

etikush mengatakan...

salam blogger juga....
;)

oia, saya sih emank semangat terus...
apalagi klo ada yang nraktir makan...
wuih....



anyway, i'm chick...
;)

Anonim mengatakan...

hmmmm... ada benernya juga si apa yang difikirkan wanita sholihah di postingan ini....
Banyak wanita yang menunggu
Gak rugi untuk berbagi
Hidup untuk beribadah
Tapi saat ini untuk berbagi suami masih berat terasa oleh saya, aneh memang bilang berat untuk sesuatu yang belum pernah sama sekali dijalani.

mocca_chi mengatakan...

sebelumnya terimakasi sudah berkunjung ke blog saya dan kebetulan bgt ada postingan bertema sama wkwkkw

berarti teman mbak sama dengan teman saya, dan mbak sama dengan saya, ga mau dipoligami wkwkwk

manusia itu egois, dan saya masih termasuk dalam kawasan it ut kepemilikan suami. hiii

deltapapa mengatakan...

mau dong poligami

XucinXgaronX mengatakan...

to etikush...

hebat tuh ... baru kali ini saya temukan artikel masalah poligami yang betul betul luar biasa....

jarang sekali perempuan yang punya sense semacam ini....

ijin copas yaa neng...

Anonim mengatakan...

saya pernah mendengar omongan dr seorang poligami, dia bilang begini "jgn lah kita mengharamkan yg halal dan menghalalkan yang haram, dalam hal ini poligami adalah halal tp kenapa selalu diributkan sedangkan berbuat zina, selingkuh adalah haram tetapi seolah olah dihalalkan di jaman sekrang. kemudian baru2 ini lagi ucapan seperti ini, pilih mana mengijinkan suami berbuat poligami atau berbuat zina di belakang istri? nah kalau sudah begini, pilihan yg sulit untuk seorang istri yg menurut saya semua itu kembali pd pribadi suami tersebut.
menyambung dgn cerita diatas, ada ya lelaki yang seperti itu di jaman sekrang? kalau ada, ingin rasanya bertemu dan dengan senang hati apabila dia suami saya, saya akan mengijinkanny berbuat begitu.. tapi rasany sangat sulit sekrali, hanya Allah SWT yg tau knapa para pelaku poligami saat ini justru mengalami masalah dalam rumah tangganya...

etikush mengatakan...

***perempuannya
hmm...
kayaknya di artikel yang diatas itu, wanita sholehahnya gak berfikir deh...
soalnya wanita sholehahnya sedang menunggu ataw sedang di tipu daya oleh pria...

adapun menurut artikel diatas itu,
yang sedang berpikir adalah e-en dan i-in (dengan asumsi, yang namanya bicara pasti mikir dulu....)



***mocca_chi
terimakasih juga yach, udah mau mampir + koment...
;)

tapi artikel diatas bukan ngomongin saya ataw temen saya...

itu artikel lagi menceritakan tentang pertemuan e-en dan i-in di Mall Kelapa Muda




***deltapapa
siapa?
siapa nanya?
hehehe...





***xucinXgaronX
to etikush ataw to iteung?

hehehe....
walaupun gak gw ijinin, tetep bakal loe copas, kan...
;)




***Sayap-sayap patah
wah, makasih yah infonya...
makin sering dunx mampir kesini,
jangan bosen ngasih info2 yang laen, yach...
;)

menurut adek saya,
jika ingin mendapatkan pasangan yang baik, perbaiki diri sendiri dengan ikhlas lalu mintalah pada ALLAH SWT.

dan apapun yang diberikan ALLAH SWT, syukurilah hal itu.

Dan dunia hanyalah tempat untuk mengumpulkan bekal untuk kehidupan selanjutnya.

(adek gw bawel banget, ya...
maklum di rumah gw menganut azas saling menasehati...
klo gw jarang sholat aja, pasti langsung dikasih tau bahwa yang pertama dihisab adalah sholat...
hehehe....)

etikush mengatakan...

ooops...
ketauan deh klo gw jarang sholat...

kepada para fans...
tolong jangan ditiru...

(dasar iteung lebay...
sok punya fans...
traffic gak naek2 juga loe...)

deNna mengatakan...

thanks yah udah mampir ke blog ku... :)
tadinya kupikir yang nulis artikel beginian pasti seorang laki2... eeeeh ternyata cewek lhooo... :p
aku salut banget buat para wanita yang rela dipoligami karena cintanya pada Allah... dan sejujurnya hingga saat ini aku masih belum bisa menjadi wanita seperti itu... takutnya malah jadi menzalimi diri sendiri... :p
tapi hebat banget deh kalau bisa jadi seperti wanita itu... :)

etikush mengatakan...

***deNna
thanks juga uda mw mampir + koment...
:)

wah, si i-in pasti ge-er tuh dipuji kayak gtu...

tapi tenang aja,
klo nanti i-in jadi sombong, takabur ataw riya, tinggal suruh aja e-en buat ngegetok kepalanya i-in, malah klo perlu sekalian aja digaplok juga....
hehehe...
;)

Anonim mengatakan...

subhanalloh. ini kisah nyata ato cuma cerita?!!!
hati-hati perkataan e-en!
"bahkan kalau perlu, Tuhan pun akan aq tantang"

istighfar, e-en! jangan-jangan setelah ngomong itu, langsung ditantang sama Tuhan, gimana?!!! siap, nggak?!!!

kira-kira e-en mau nantang Tuhan kapan? mau adu jotos ato adu apa? kabari ya... hehehe...

etikush mengatakan...

***islamarket
ini tuh kisah ......(ada deh....)
hehehe....


waduh, kebetulan uda banyak nih hamba Tuhan yang sengaja dan penuh keberanian menantang perintah dan kuasa Tuhan.


jadinya e-en mesti ngantri dulu...
lagian gak tau juga nih, apa setelah ini e-en masih berniat nantangain Tuhan ataw enggak..
;)

idud mengatakan...

Kalau ditakdirkan untuk berpoligami, saya tak akan kuasa menentangnya =))

etikush mengatakan...

***idud
siapah?
----siapah nanya?


wkwkwkwkwk.....

Anonim mengatakan...

@mba EtiKush
Duuuh... mohon maaf seribu maaf lho, kok saya baru sadar ada link kesinih...
Inipun karena kebetulan saya buka-buka file lama, dalam rangka saving all.

btw.. soal poligami,... ujung-ujungnya kembali ke pasutri nyah.

Salam hangat selalu, Haniifa.

etikush mengatakan...

***Haniifa
hehehe....
tenang aja, gak usah panik...
eh, tapi maaf nya banyak banget tuh ampe seribu....

makasih yach udah berkunjung kesini...
:)

salam hangat selalu juga, iteung.

Dwi Wahyudi mengatakan...

Wah, seribu satu wanita yang memiliki kepribadian seperti itu.

etikush mengatakan...

***Dwi Wahyudi
wanita yang mana nih?

e-en ataw i-in?

eia, sensus kok gak bilang2...kapan sensusnya?

Awam mengatakan...

Gak ada salahnya, sang pria saleh coba berbagi energinya untuk menciptakan banyak pria saleh lain dan memperjodohkan dengan wanita-wanita yang banyak jumlahnya itu agar terjaga agamanya. Aku yakin masih banyak perjaka yang mengantre untuk dapat jodoh yang cocok. Permudah mereka untuk mendapatkannya, bukan terutama merengkuh perempuan lain untuk diri sendiri. Berbagilah untuk sesama lelaki.

senyumnusantarakita mengatakan...

btw mbak etikush udah nikah dan udah dipoligami kah?

etikush mengatakan...

***Awam
wah, kalo acara menciptakan yang soleh2 sih, mungkin itu kerjaannya orang2 di masjid, dari mulai adzan ngajakin sholat, ampe acara pengajian rutin bulanan ataw mingguan, dll.
cuma anehnya yach kok sepi2 aja tuh masjid,
apalagi kalo sholat subuh,
padahal tuh corong speaker uda tenaga maksimum,
padahal cowok dianjurkan solat berjamaah dimasjid,
dan muslim dianjurkan sholat diawal waktu, tidak menunda panggilan Sang Pencipta.

kadangkala saya malah merasa mubazir dengan soundsystem yang ada ketika acara pengajian,
suaranya koar2 kemana-mana,
eh peserta pengajiannya cuma gak nyampe setengah masjid,
pas ngintip ke bagian cowok,
o-ow.... tuh cowok2 pada kemana yach, kok dikit banget.

masjid penuh sama cowok cuma pas solat jum'at.


***senyumnusantarakita
wow!
ada petugas sensus penduduk rupanya :)
saya sudah didata bu.
silahkan dicek datanya :)

AudioAddicted mengatakan...

Gw cowok, en gw bingung ama komen2nya.

Yg pengen poligami, gw mw nanya, tujuan kalian berpoligami itu apa?

Klw lw emg bener2 jatuh cinta am seorang cewek, cinta yg tulus, biar ada cewek laen goyang bugil-bedul-dangdut dihadapan elw, lw ga bakalan tergoda!

Ini kelemahan cowok, lemah dgn nafsu! Tpi klw udh nafsu, ya jgn dibenar-benarkan dong. Gag banyak cowok yg mau ngendaliin en ngebatasin hawa nafsunya sendiri..

Hebatnya, cewek lebih paham dgn prasaan yg mendalam, yg bermakna daripada cowok. Makanya lebih banyak cowok yg berpoligami karena BELUM PEDULI/TIDAK PEDULI dgn kekasih yg dia punya.

Anyway, nice blog. :))

AudioAddicted mengatakan...

Oh iya lupa ngasi info. Kata siapa perbandingan cowok ama cewek di Indonesia lebih banyak? Ada yg bilang jumlah cewek 4 kali lebih banyak daripada cowok.

NONSENSE

Data statistik (cari di google) aja menunjukkan klw perbandingan laki-laki dan perempuan di Indonesia itu 1:0,97. Lebih banyak cowok daripada cewek.

Emg sih dibeberapa daerah ada yg lebih banyak cewek, tapi ga pernah sampai 2 kali lipat jumlah cowok.

That's it.

etikush mengatakan...

***Antistress Man!

oia dunks...
pastinya etikush.blogspot.com emanks nice blog :))
kan itu juga berkat doa dari semua pengunjung :)

Anonim mengatakan...

aku mau poligami dg cewek yg mau terima apa adnya..

etikush mengatakan...

***Anonim
aq gak nanya....
^_^

fanya mengatakan...

Pola pikir dan pemahaman yg luar biasa..........
Aku suka dan kepingin seperti Iin...
Mudah-mudahan mampu.....
Amin.

Unknown mengatakan...

Kalo nyari pasangan di mana yagh?
sekalian promosi....hehehhe

endy mengatakan...

kebetulan mampir.. salam kenal :)
Artikel ini sebaiknya dibaca kaum hawa.. jgn dibaca kaum adam, nti ke GR an.. :D
Kaum adam sebaiknya me ma'murkan masjid, byk berkarya..soal poligami, serahkan kepada Allaah SWT, gak usah dipikirin, apalagi diniatin..
rejeki gak kemana..haha

Pamit..thx boleh komen

====================
let us enjoy it

seluruh pantun dan artikel di blog ini dihimbau untuk dicopas dan disebarluaskan (untuk tujuan non komersil) tanpa perlu minta izin pada
etikush.
cukup cantumkan link lengkap etikush ataw sekedar "by etikush" setiap kali anda copas.
ataw menuliskan "by etikush n adik" jika ada keterangan bahwa pantun tersebut dibuat bersama adik.
terima kasih.

SELAMAT MENJELAJAH BLOG PANTUN etikush!!!
=======================

semua pantun+artikel+tulisan di blog ini adalah bikinan etikush.
kecuali
jika pantun+artikel+tulisan tersebut disertai catatan tambahan mengenai nama penulis ataw sumbernya.

========================
blog etikush memiliki aturan yang berlaku bagi setiap pengunjung blog etikush.
tentunya aturan tersebut sejalan dengan aturan blogger menyangkut hak cipta.
bila ada yang berkeberatan, harap dimengerti bahwa ini untuk kedamaian dunia akhirat anda.

salam damai
:)


========================


seluruh artikel yang menampilkan o-on dkk (i-in+a-an+e-en+u-un) bersifat fiktif dan sekedar rekayasa semata...

===============================
ada ibu berkata pada anak perempuannya:
klo kmu ampe nangis gara-gara pacarmu, mama gak akan marah ama pacarmu.
tapi mama pasti marah ama kmu, krn mama gak pernah ngajarin kmu untuk jd cewek bego yang pcaya mulut cowok.


============================== Berbeda dengan hak merek dan hak paten yang bersifat konstitutif, hak cipta bersifat deklaratif. Artinya, pencipta atau penerima hak MENDAPATKAN PERLINDUNGAN HUKUM SEKETIKA setelah suatu ciptaan dilahirkan. Lebih lanjut tentang hak cipta HUKUMHAM.INFO ==============================

tidak menemukan pantun yang anda inginkan?
silahkan masukkan kata yang anda inginkan pada kotak pencarian.
etikush
menyediakan lebih dari satu judul pantun untuk satu tema pantun yang sama.
(tersedia sekitar 1003 BAIT pantun)

Cari Pantun

hei cewek!!!
pernah dapet pantun yang membangkitkan gelora asmara (bikin kamu Ge-eR) dari cowok???
kalo pernah, ikuti langkah2 dibawah ini:
* baca kembali pantun tersebut
* masukkan rangkaian kata dalam pantun tersebut ke kotak pencarian
* bersyukurlah jika pantun tersebut muncul di blog ini, se-enggaknya kamu tau kalo tuh pantun bikinan cewek manis bernama etikush...
hehehe...
:))
=========================================
ATURAN COPAS mencantumkan " by etikush "
=========================================
ANDA PENGANUT COPAS TANPA ATURAN? Klik Disini =========================================
=========================================
makasih banget buat kamu2 yang rajin ngunjungin blog etikush,
apalagi buat yang uda kasih 'constructive comment' dan uda naro etikush di blogrollnya, thanks a lot buddies.


semoga ridho ALLAH SWT selalu bersama qta
dan semoga ALLAH SWT senantiasa menunjukkan jalan yang lurus pada qta
Aamiiin...
:)
=========================================
CARA MENGHAPUS PERMANEN AKUN FACEBOOK klik disini
=========================================

============== PANTUN PANTUN KEREN klik disini ==============

saya

Foto saya
sedang berperahu bersama penyair bersahaja

saya tidak memiliki akun facebook

etikush berhubungan dengan penyair bersahaja