...........saatnya pantun mengiringi berbagai sisi perjalanan kehidupan............

19 Desember 2008

Sebaiknya mencontek saja

Ujian semester baru saja berlalu. Anak-anak terlihat sedang melakukan acara "class meeting".
Sementara itu, di ruang guru terlihat ada seorang guru sedang berbincang dengan muridnya yang bernama o-on.

"O-on, kenapa setiap ujian, kamu selalu memberi contekan pada yang lain?" tanya Pak Guru pada o-on.
"Karena teman saya minta contekan, Pak,"jawab o-on.
"Mereka mengancam kamu?" tanya Pak Guru lagi.
"Enggak mengancam sih Pak, paling cuma disebut pelit atau sok suci, tapi pada dasarnya sih saya emang gak keberatan kalo temen-teman nyontek ke saya," jawab o-on.

"Apa kamu ga merasa rugi? Itu-kan hasil kerja keras kamu, kamu belajar dengan keras, sementara temen kamu cuma nyontek," kata Pak Guru.
"Saya malah seneng pak, kalo teman-teman nyontek ke saya," jawab o-on sambil senyum-senyum.

"Seneng? Apa kamu memberikan jawaban yang salah ke teman kamu?" tanya Pak Guru sambil mengernyitkan dahi.
"Wah, mana saya berani pak," sahut o-on.
"Trus kenapa kamu seneng?" Pak Guru terlihat semakin heran.

"Karena jika teman-teman saya mencontek ke saya, itu artinya mereka tidak menggunakan otaknya untuk berpikir. Dan itu bagus. Semakin lama otak tidak dipakai, maka otak akan semakin usang dan beku. Kalau SMP saja mereka sudah gemar mencontek dan senang karena mendapat nilai yang bagus tanpa belajar.
Itu artinya mereka akan tetap seperti itu sampai SMA, atau mungkin Perguruan Tinggi.

Namun ketika merambah dunia pekerjaan, yang dilihat dan diandalkan untuk bekerja adalah otak, bukan nilai.
Jadi saya sengaja memberikan contekan pada teman saya, karena mereka memang meminta contekan dan karena semakin banyak orang dengan otak yang beku, semakin baik untuk saya," o-on menjelaskan panjang lebar.

***Pertanyaan: Apa yang akan dikatakan oleh Pak Guru:
A. Kamu benar-benar murid yang cerdas!!!
B. Hebat!!! Sangat Briliant!!!
C. Wow!!! Analisis yang kuat sekali!!!
D. Besok orang tua kamu menghadap Bapak.



baca juga artikel:

**nasib sial ibu guru

**sebaiknya mencontek saja

**cium tangan

23 komentar:

Najma N. Annisaa mengatakan...

yang dipilih ya yang enak didenger aja lah

Anonim mengatakan...

Hmmm...
Jadi bingung mau milih apa??

tapi yang jelas, tulisan tadi bener banget...

Dah dosa, jadi bodoh lagi...

Makanya saya ga setuju sama UAN, UAN kan bisa ncontek, lebih baik guru yang menentukan kelulusan yang memang benar benar tahu bagaimana siswa tersebut...

etikush mengatakan...

@najma>>ijeum>>jimmy
ok deh.......

@Pandu
ya... kalo dari pemerintahnya seperti itu, apa mau dikata.

FATAMORGANA mengatakan...

kayaknya yg C deh jadi jawaban pak Guru.

etikush mengatakan...

@FATAMORGANA
Kayaknya sih gtu.....

Anonim mengatakan...

mau nemenin aku bu?:)

Anonim mengatakan...

Lho bukannya orang yang bisa memanfaatken orang lain itu yang sukses di dunia kerja??? HI HI HI.

Hijrahheiji mengatakan...

hehe..aku milih yang ide brilian..btw, si O-on sekolah dimana sech, pengen gitu ngobrol banyak tentang masa depan ni..revolusioner banget dach..hehe..
wah,adekmu ultah juga ya, mana?kok ngga traktiran kush..ayoo....mau ni.

Hijrahheiji mengatakan...

Hebat!!! Sangat Briliant!!!emang O-on revolusioner banget ya..maju ke depan, mundur ke...?
wah,kamu pintar juga, jangan-jangan kamu yang namanya O-on ya? trus etikush ini bukan nama sebenernya..salut euy!!
btw, mana kue tartnya dimakan sendiri ya?aku juga mau..huhuhu..selamat ya buat adekmu, cepet gede gitu.

Anonim mengatakan...

maksud si oon itu untuk meminimalisir pesaing di dimasa depan ya?cerdas juga si oon, tapi tetep salah caranya,heheeh.

ini kadenza mengatakan...

Ini cpa iah?

Anonim mengatakan...

jawaban a,b,c, benar

Kizsee Kiseki mengatakan...

ak jawab yang E.
E. no comment, terserah kamu sajalah yang penting bapak sudah mengingatkan.

itu kata-kata guru aku setiap selesai nyeramahin aku ..
hhe,

tapi wali kelas aku, nyuruh aku nyontek lho!
katany: "kalo kamu nggak bisa, mending nyontek aja de! nilai kok jelek terus .."
hha,
kaco ntu guru!

ini kadenza mengatakan...

ini capa iah????

AndriRistiawan mengatakan...

wakwakwakwakwa
aku ngakak baca postingannya
bener juga yang dibilang........
kenapa aku justru sebel temennku nyontek laporan kuliahanku..
nyontek tugasku
nyontek PRku
nyontek uas sama UTSku
abies baca ini kayaknya aku ngga ada alasan buat aku sebel
just enjoy
awkwkwwa
jadi mikir kek anak itu
TOH yang dapet hasilnya belakangan kan kita sendiri
ntar orang yang nyontek kan juga Nyaho2 sendiri
dalam kehidupan yang diperlukan bukan NILAI... tapi ilmu pengetahuan yang luas dan pengalaman
awjawjwajwa
tetep aja ketawa sambil baca postingan ini...
And untuk pilihan jawaban guru... kalo aku jadi gurunya,,, aku pilih yang B...
HEBATTTT KAMU SANGAT BRILIANT!!!!!!!!!
HUWAUHWAUHWA SETUJU-SETUJU

etikush mengatakan...

@tedi
nemenin apa nih...?

@lovepassword
Hmm... dan hanya orang dengan otak briliant yang bisa seperti itu bukan....

@Piyoh
pilihan yang bagus... hehehe...
sekolah dimana yah...
ada deh...
Hmmm... ntar deh aq sampein yah ke ade aq...

@Piyoh
Ssttt... Soal siapa sebenernya o-on, sampe saat ini masih dirahasiakan....

@Soerdjak
Maksud si o-on adalah agar tidak disebut pelit oleh temannya dan agar dia tetap punya teman....
Kalopun akhirnya jadi meminimalisir pesaing di masa depan, ya....
Kan hidup ini pilihan, kalo temen o-on memilih untuk membekukan otaknya, maka o-on harus menghargai hal itu...

@ini_kadenza
Aq etikush... selamat datang dan salam kenal...

@Ani
Hehehe....
ngeborong jawaban nie...

@kizsee"KISEKI"
Makasih jawabannya....
Klo kata-kata wali kelas atau kata-kata siapapun, itu hanyalah sebuah saran untuk qta pertimbangkan.
Pengambil keputusan tetaplah qta sendiri.

@Ini_kadenza
Maaf yah kamu nyampe nanya dua kali karena tadi belum aq jawab. Maaf banget soalnya aq emang gak o-el tiap hari...
Maaf yah....

@AndriRistiawan
Asyik.....
Rupanya aq punya temen yang pintar dan rajin nih...
Nyampe menjadi tempat mencontek bagi khalayak ramai di kampus...
Hehehe...
Keep the spirit, bro...

etikush mengatakan...

@tedi
Aq maunya nemenin kamu jadi pns...
hehehe.....

Andik Yudiarto, S.T., M.T. mengatakan...

Nyontek? Enggaklah...suatu saat akan merasakan sendiri kerugian bagi para pencontek, di dunia kerja para pencontek gak akan dibutuhkan karena pasti gak profesional.

etikush mengatakan...

@Andik_Yudiarto
Ok deh.....

Wijaya kusumah mengatakan...

He..3x.tulisan bagus dan sangat briliant, kayaknya kamu perlu menghadap saya, untuk berkunjung ke blog saya di hrttp://wijayalabs.blogspot.com

etikush mengatakan...

@Wijaya Kusumah
Terima kasih pak, terima kasih juga untuk undangannya.
Saya akan langsung berkunjung....

Dan maaf karena koment bapak baru saya respon, dikarenakan baru cairnya anggaran nge-blog tahun 2009...

Anonim mengatakan...

Gatau wes mau bilang apa...
niat buruk dibalik perbuatan buruk hahah....

etikush mengatakan...

@Vandy
:)

====================
let us enjoy it

seluruh pantun dan artikel di blog ini dihimbau untuk dicopas dan disebarluaskan (untuk tujuan non komersil) tanpa perlu minta izin pada
etikush.
cukup cantumkan link lengkap etikush ataw sekedar "by etikush" setiap kali anda copas.
ataw menuliskan "by etikush n adik" jika ada keterangan bahwa pantun tersebut dibuat bersama adik.
terima kasih.

SELAMAT MENJELAJAH BLOG PANTUN etikush!!!
=======================

semua pantun+artikel+tulisan di blog ini adalah bikinan etikush.
kecuali
jika pantun+artikel+tulisan tersebut disertai catatan tambahan mengenai nama penulis ataw sumbernya.

========================
blog etikush memiliki aturan yang berlaku bagi setiap pengunjung blog etikush.
tentunya aturan tersebut sejalan dengan aturan blogger menyangkut hak cipta.
bila ada yang berkeberatan, harap dimengerti bahwa ini untuk kedamaian dunia akhirat anda.

salam damai
:)


========================


seluruh artikel yang menampilkan o-on dkk (i-in+a-an+e-en+u-un) bersifat fiktif dan sekedar rekayasa semata...

===============================
ada ibu berkata pada anak perempuannya:
klo kmu ampe nangis gara-gara pacarmu, mama gak akan marah ama pacarmu.
tapi mama pasti marah ama kmu, krn mama gak pernah ngajarin kmu untuk jd cewek bego yang pcaya mulut cowok.


============================== Berbeda dengan hak merek dan hak paten yang bersifat konstitutif, hak cipta bersifat deklaratif. Artinya, pencipta atau penerima hak MENDAPATKAN PERLINDUNGAN HUKUM SEKETIKA setelah suatu ciptaan dilahirkan. Lebih lanjut tentang hak cipta HUKUMHAM.INFO ==============================

tidak menemukan pantun yang anda inginkan?
silahkan masukkan kata yang anda inginkan pada kotak pencarian.
etikush
menyediakan lebih dari satu judul pantun untuk satu tema pantun yang sama.
(tersedia sekitar 1003 BAIT pantun)

Cari Pantun

hei cewek!!!
pernah dapet pantun yang membangkitkan gelora asmara (bikin kamu Ge-eR) dari cowok???
kalo pernah, ikuti langkah2 dibawah ini:
* baca kembali pantun tersebut
* masukkan rangkaian kata dalam pantun tersebut ke kotak pencarian
* bersyukurlah jika pantun tersebut muncul di blog ini, se-enggaknya kamu tau kalo tuh pantun bikinan cewek manis bernama etikush...
hehehe...
:))
=========================================
ATURAN COPAS mencantumkan " by etikush "
=========================================
ANDA PENGANUT COPAS TANPA ATURAN? Klik Disini =========================================
=========================================
makasih banget buat kamu2 yang rajin ngunjungin blog etikush,
apalagi buat yang uda kasih 'constructive comment' dan uda naro etikush di blogrollnya, thanks a lot buddies.


semoga ridho ALLAH SWT selalu bersama qta
dan semoga ALLAH SWT senantiasa menunjukkan jalan yang lurus pada qta
Aamiiin...
:)
=========================================
CARA MENGHAPUS PERMANEN AKUN FACEBOOK klik disini
=========================================

============== PANTUN PANTUN KEREN klik disini ==============

saya

Foto saya
sedang berperahu bersama penyair bersahaja

saya tidak memiliki akun facebook

etikush berhubungan dengan penyair bersahaja