...........saatnya pantun mengiringi berbagai sisi perjalanan kehidupan............

03 Desember 2009

kronologi birokrasi

pada hari senin e-en menuju rumah pak er-te untuk meminta surat pengantar pindah keluar kota.

***di rumah pak er-te
di rumah pak er-te berbasa-basi lalu meminta surat pengantar,
lalu e-en pun memberi uang sebesar duapuluh ribu.
pak er-te sih gak minta, cuma e-en-nya aja yang pengen ngasih,
e-en ngasihnya ke bu er-te.





***setelah sampai rumah
lho kok pada bagian titi mangsa, tertulis bulan september?
padahal-kan sekarang bulan november, pikir e-en.
maka e-en pun balik lagi ke rumah pak er-te.







***di kelurahan
e-en disambut penuh senyum oleh seorang ibu pegawai yang memang pernah mengurusi pembuatan KTP.
waktu bikin KTP, karena dibikinin ama si ibu pegawai (si ibu yang ngurus ke kecamatannya),
e-e-n membayar seratus ribu (sesuai yang diminta si ibu).

tapi karena sekarang e-en hanya meminta surat pengantar,
dengan pertimbangan bahwa membuat surat pengantar adalah tugas si ibu,
dan si ibu sudah dibayar di awal bulan (sebelum bekerja uda dibayar dulu) oleh negara,
maka e-en hanya mengucapkan terima kasih dan tidak memberi uang sepeser pun,
lalu ketika e-en meninggalkan kelurahan,
si ibu pun membuang muka dan memasang wajah cemberut,
malahan pas tadi e-en ngomong "terima kasih", gak dijawab ama si ibu-nya, dia bener2 buang muka.







***di kecamatan
"ini sudah selesai, mbak," kata seorang pegawai kecamatan yang seusia e-en (usia: pertengahan duapuluhan),
sambil menyodorkan surat pengantar.
"tinggal dibawa ke catatan kikil," sambung pegawai kecamatan.
(sebenernya e-en agak bingung,
catatan kikil tuh berarti dibawa ke tukang kikil?
enak dunkxz nih, bisa makan soto kikil, pikir e-en)

"oh, iya makasih," sahut e-en, sambil menarik surat pengantar tersebut.
tapi ternyata pegawai kecamatan pun masih memegang surat tersebut,
lalu terjadi-lah tarik-menarik surat (kejadiannya benar2 mirip tarik tambang, cuma tambangnya diganti pake kertas).

lalu e-en pun menatap wajah pegawai tersebut,
"administrasinya-administrasinya," ujar pegawai kecamatan berulang-ulang dengan suara amat pelan.

oh, rupanya dari tadi tuh pegawai kecamatan minta duit,
abis suaranya pelan, mana gw denger, gw kan agak2 budek, pikir e-en.

lalu e-en pun bertanya,"oh, berapa?" dengan suara sedang.

"sepuluh ribu," kali ini pegawai kecamatan yang masih berusia pertengahan duapuluh dan seusia dengan e-en benar2 menjawab dengan berbisik.

dan e-en melihat bahwa pegawai tersebut terlihat kayak mau nangis.
wajah pegawai wanita berusia pertengahan duapuluhan itu benar2 menunjukkan bahwa dia tidak nyaman.

lalu e-en merogoh celana jeans-nya yang uda robek2 dimakan tikus.
"ini," e-en menyerahkan uang logam gope-an sebanyak 20 keping.

"sorry receh, soalnya dapet dari ngamen," ujar e-en sambil tersenyum ramah.

lalu pegawai kecamatan yang masih junior itu pun menebarkan uang receh tersebut ke arah para pegawai senior dengan maksud "nyawer".







***di catatan kikil
"administrasinya sepuluh ribu," jawab seorang pegawai wanita berusia empat puluh tahunan,
padahal e-en gak nanya lho, dia-nya aja jawab sendiri.
"ini, bu," kali ini e-en menyerahkan selembar duapuluh ribu-an.
"ada kembaliannya, kan?" tanya e-en cemas, karena uangnya memang tinggal selembar.


sambil menunggu uang kembalian, e-en pun memeriksa kembali hasil print-an yang diterimanya.

"ini kembaliannya," kata si ibu pegawai yang sepertinya punya hobi membelikan oleh2 untuk anak2 di rumah dengan uang haram.

"maaf bu, ini datanya kok berbeda dengan data yang dari kecamatan yah?" e-en menunjukkan perbedaan data pada hasil print dan pada surat pengantar dari kecamatan.

"oh, itu sih di tipe-ex sendiri aja, gapapa kok," sahut ibu pegawai yang sepertinya gak becus memindahkan data.

"trus ini juga namanya kurang satu huruf, bu," kata e-en sambil menunjukkan hasil print-an yang kurang satu huruf.

"oh, itu sih lampirin aja KK-nya, tulis keterangannya sendiri," sahut ibu pegawai yang sepertinya gak becus mengeja nama, lalu dia masuk ke dalam dan meninggalkan loket begitu saja.

tinggal-lah e-en sendirian ditemani pohon duren yang belum berbuah.
digenggamnya uang sepuluh ribu rupiah, kembalian dari ibu pegawai catatan kikil.


alhamdulillah, terima kasih ya ALLAH,
untung ibu pegawai tersebut mau memberi uang kembalian,
jika ibu pegawai tersebut tidak memberi uang kembalian,
pastilah aq harus berjalan kaki sejauh 5 km, pikir e-en.
(sambil berusaha merasa beruntung,
walaupun surat pengantar yang digenggamnya salah data,
sambil berusaha memaafkan kesalahan ibu pegawai,
walaupun ibu pegawai tidak meminta maaf atas kesalahan kerja yang telah dia lakukan).



laper nih, duitnya cukup gak yach buat beli soto kikil?


2 komentar:

sukacoklat mengatakan...

hiks, mengenaskan ya.
tyapi memang msh begitu banyak wajah2 pengabdi negara yg seperti ini :(
Saya turut berduka cita atas matinya nurani kemanusiaan para abdi negara bangsa ini .....

etikush mengatakan...

***sukacoklat
hehehe...
gak mengenaskan kok...

malah membanggakan,
karena siapapun pasti bangga klo jadi anak pejabat, misalnya anak lurah, anak camat, anak bupati, anak walikota, anak pegawai di kantor dinas...

malah klo ada sodara yang jadi pejabat,
pasti deh, bilang2 ke semua orang bahwa "sodara gw tuh yang pegang jabatan anu di instansi anu"...

bangga banget gtu....
gak peduli walaupun sodaranya tukang mengemis duit administrasi

====================
let us enjoy it

seluruh pantun dan artikel di blog ini dihimbau untuk dicopas dan disebarluaskan (untuk tujuan non komersil) tanpa perlu minta izin pada
etikush.
cukup cantumkan link lengkap etikush ataw sekedar "by etikush" setiap kali anda copas.
ataw menuliskan "by etikush n adik" jika ada keterangan bahwa pantun tersebut dibuat bersama adik.
terima kasih.

SELAMAT MENJELAJAH BLOG PANTUN etikush!!!
=======================

semua pantun+artikel+tulisan di blog ini adalah bikinan etikush.
kecuali
jika pantun+artikel+tulisan tersebut disertai catatan tambahan mengenai nama penulis ataw sumbernya.

========================
blog etikush memiliki aturan yang berlaku bagi setiap pengunjung blog etikush.
tentunya aturan tersebut sejalan dengan aturan blogger menyangkut hak cipta.
bila ada yang berkeberatan, harap dimengerti bahwa ini untuk kedamaian dunia akhirat anda.

salam damai
:)


========================


seluruh artikel yang menampilkan o-on dkk (i-in+a-an+e-en+u-un) bersifat fiktif dan sekedar rekayasa semata...

===============================
ada ibu berkata pada anak perempuannya:
klo kmu ampe nangis gara-gara pacarmu, mama gak akan marah ama pacarmu.
tapi mama pasti marah ama kmu, krn mama gak pernah ngajarin kmu untuk jd cewek bego yang pcaya mulut cowok.


============================== Berbeda dengan hak merek dan hak paten yang bersifat konstitutif, hak cipta bersifat deklaratif. Artinya, pencipta atau penerima hak MENDAPATKAN PERLINDUNGAN HUKUM SEKETIKA setelah suatu ciptaan dilahirkan. Lebih lanjut tentang hak cipta HUKUMHAM.INFO ==============================

tidak menemukan pantun yang anda inginkan?
silahkan masukkan kata yang anda inginkan pada kotak pencarian.
etikush
menyediakan lebih dari satu judul pantun untuk satu tema pantun yang sama.
(tersedia sekitar 1003 BAIT pantun)

Cari Pantun

hei cewek!!!
pernah dapet pantun yang membangkitkan gelora asmara (bikin kamu Ge-eR) dari cowok???
kalo pernah, ikuti langkah2 dibawah ini:
* baca kembali pantun tersebut
* masukkan rangkaian kata dalam pantun tersebut ke kotak pencarian
* bersyukurlah jika pantun tersebut muncul di blog ini, se-enggaknya kamu tau kalo tuh pantun bikinan cewek manis bernama etikush...
hehehe...
:))
=========================================
ATURAN COPAS mencantumkan " by etikush "
=========================================
ANDA PENGANUT COPAS TANPA ATURAN? Klik Disini =========================================
=========================================
makasih banget buat kamu2 yang rajin ngunjungin blog etikush,
apalagi buat yang uda kasih 'constructive comment' dan uda naro etikush di blogrollnya, thanks a lot buddies.


semoga ridho ALLAH SWT selalu bersama qta
dan semoga ALLAH SWT senantiasa menunjukkan jalan yang lurus pada qta
Aamiiin...
:)
=========================================
CARA MENGHAPUS PERMANEN AKUN FACEBOOK klik disini
=========================================

============== PANTUN PANTUN KEREN klik disini ==============

saya

Foto saya
sedang berperahu bersama penyair bersahaja

saya tidak memiliki akun facebook

etikush berhubungan dengan penyair bersahaja