...........saatnya pantun mengiringi berbagai sisi perjalanan kehidupan............

22 Maret 2009

yang GOLPUT harus Jawab

saat ini o-on dkk sedang cuti.
jadi walaupun malu-malu dan sedikit tidak pede,
gw paksa-in buat nongol sendirian di blog ini.

hai semua!!!
gw etikush (that's my real name, but not my full name).
gw 100% sunda.
gw lahir+tumbuh+tinggal di Bogor.
rumah yang gw tempati saat ini, di sekitar SMAN 8 Bogor (tinggal jalan kaki doank).

gw uda posting tentang golput sebelumnya,
dan gw sangat berterima kasih pada semua pihak yang telah memberikan pandangannya tentang golput.

dari yang pernah gw baca, blog dapat dijadikan sebagai tempat berdiskusi yang sehat.
(mungkin kalo ngeblog-nya sambil nyusu... hehehe....)

dan soal golput, gw bener2 pengen tau,
apakah ada kemungkinan bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik jika golput menang?

karna dari beberapa pemilu yang lalu, golput memang belum pernah menang,
dan gw melihat bahwa jika golput tidak menang,
maka kemungkinan menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk tetap ada.

misalnya saja, pemerintahan yang akan berakhir sebentar lagi,
walaupun banyak kekurangan disana-sini, tapi ternyata ada satu departemen yang bisa dikatakan cukup berhasil.

dan kecukupberhasilan yang sama tetap mungkin terjadi pada pemerintahan selanjutnya.
bahkan mungkin kecukupberhasilan tersebut akan merembet pada departemen yang lain.

walaupun tentu saja tetap terbuka kemungkinan, bahwa yang terjadi kemudian adalah menjadi lebih buruk.

gw sering menganggap bahwa segala kemungkinan apapun dapat terjadi,
namun ketika membicarakan golput, gw jadi ragu,
benarkah jika golput menang,
maka akan ada kemungkinan (sekali lagi kemungkinan) bahwa Indonesia akan lebih baik?

karna ternyata rakyat masih cukup fanatik pada pemimpinnya masing-masing,
apapun kata pemimpinnya, maka itulah yang dikerjakan.

kalo golput menang lalu terjadi perang saudara gimana?
mending kalo pas perang , trus ada yang menang, jadi perangnya sebentar.
yang terbayang di benak gw adalah Somalia yang katanya perang saudaranya gak kelar-kelar.

gw gak akan mempertanyakan soal alasan golput, karna gw uda tau jawabannya.
kebanyakan orang memilih golput karena kecewa
(tapi ada juga yang golput karena punya hobi iseng ngegambar gunung+matahari+awan... hehehe...)

kalo soal melampiaskan kekecewaan sih, gw juga hobi, tapi lebih hobi lagi melampiaskan amarah.
sejak gw kecil ampe kelas 1 SMP, gw punya hobi melampiaskan amarah dengan cara ngelempar adek2 gw (badannya gw angkat, trus gw lempar).
berhubung waktu itu adek gw 3 orang (sekarang sih uda jadi 4), jadi yang gw lempar bisa gantian.

karna punya hobi ngelempar adek, akhirnya gw dimusuhin ama adek2 gw.
saat itulah gw berubah, gw gak lagi ngelempar adek gw, tapi gw ngelempar kursi, TV, dll.

ketika kursi jadi reyot semua, dan gw nonton pake TV Turner (karna TV rusak),
saat itulah gw sadar bahwa rumah gw kayak mau roboh, karna pintunya sering gw banting.

oia, kalo soal melampiaskan kekecewaan (seringnya karna kecewa pada keadaan/sikap orang lain),
gw matah2in silet,
siletnya gw patah2in ampe kecil2,
ampe akhirnya tangan gw berdarah,
karna maksa matahin silet yang uda gak bisa lagi dipatahin.

seluruh bentuk pelampiasan emosi gw hanya berlandaskan pada pemikiran gw,
yang menganggap bahwa gw tidak mendapatkan keadilan,
maka gw harus berbuat sesuatu.
tanpa peduli akan dampaknya.

nah, yang ingin gw tanyakan disini adalah,
apakah golput hanya sekedar pelampiasan kekecewaan?
apakah sudah dipikirkan dampaknya jika golput menang?
apakah ada kemungkinan bahwa jika golput menang, maka tidak akan rusuh?
apakah ada kemungkinan bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik jika golput menang?

bukan hanya dijawab -iya-sudah-ada-ada, tapi juga lengkap dengan penjelasannya.

kepada yang golput, silakan dijawab.

jika jawabannya memuaskan,
maka bukan tidak mungkin gw juga bakal ikut melampiaskan kekecewaan dengan golput.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

Golput, bukan soal menang to kalah... alasanya tunggu di episode komik suklowor dan paijo selanjutnya... oc

Kizsee Kiseki mengatakan...

sebentar mbak ..
golput menang?
mank sekarang ada partai namany golput y?
ak tauny golkar mbak ..
hhe,
gak nyambung.

no comment de, lagian ak blun berhak milih juga ..
hhe,

Robi mengatakan...

waduwh.. sbnre saya jg pnah golput wktu pilgub kmren gra2 bpak jg golput jd aq lupa pisan.. (ato sngja lupa ya..)

hmm.. nggak smpai trpkirkn klo smpe golput mnang mbak!? gmn yaa...

etikush mengatakan...

@suklowor
hmm...
lagi promo mas???
hehehehe....

itu artinya, komik suklowor dan paijo episode selanjutnya akan menjawab semua pertanyaan gw???



@kithzi
hehehe...
jadi malu nih aq...
oia-ya...
kayaknya emang gak ada deh partai golput....

that's mean, golput gak mungkin menang ya....
karna partai golput itu gak ada....


@Robi
emang gak usah dipikirin golput menang ataw enggak...

karna walaupun gak dipikirin, jika memang harus terjadi, maka apapun pasti terjadi...

jadi emang gak usah dipikirin...
cuma orang gak penting dan aneh macem saya doank yang entah kenapa, pake acara mikirin hal2 yang seharusnya gak dipikirin...

jadi, jangan dipikirin ya....
:)

Anonim mengatakan...

aku blom pernah golput sih

etikush mengatakan...

@DE
oh...
:)

Anonim mengatakan...

gue dah jawab pertanyaamu... liat di blog gue ya...

etikush mengatakan...

@suklowor
oh...

free font mengatakan...

Golput bukanya hanya karena kecewa kok, itu salah satunya. Jd menurut yg saya tahu golput terjadi karena : 1). faktor teknis (g kedaftar misal), 2). kecewa melihat tidak adanya perubahan, 3). alasan ideologis, dll.

Banyak dan tidaknya golput emang nggak ngaruh dengan semakin baik atau buruknya negara, tetapi fenomena itu hrs diperhatikan disikapi dengan benar yaitu dengan melakukan perbaikan ataupun perombakan total pd orang dan sistem serta hal-hal yg menyebabkan keadaan negara yg kaya raya ini bisa susah dan rusak.

Ingat juga bahwa golput yang cukup besar (rata-2 di ats 30%) juga aspirasi rakyat yg hrs diperhatikan sebagai kontrol dan peringatan agar para penguasa g seenaknya sendiri.

So, kalau sistem dan org-2 yang berkuasa tidak mau berubah menjadi lebih baik, kemungkinan golput semakin besar dan bisa menjadi people power untuk melakukan perubahan itu sendiri.

Intinya, perbaiki dan ganti sistem dan penguasa yg rusak dan rakyat akan mendukungnya. Simple kok

etikush mengatakan...

@free font

"So, kalau sistem dan org-2 yang berkuasa tidak mau berubah menjadi lebih baik, kemungkinan golput semakin besar dan bisa menjadi people power untuk melakukan perubahan itu sendiri. "

"people power"?

asyik....
jadi dunkz perang...

etikush mengatakan...

@free font
oia, bisa kasih jawaban per poin aja gak?
biar lebih jelas.

pertanyaan-nya diulangi yah,

****
nah, yang ingin gw tanyakan disini adalah,

apakah golput hanya sekedar pelampiasan kekecewaan?

apakah sudah dipikirkan dampaknya jika golput menang?

apakah ada kemungkinan bahwa jika golput menang, maka tidak akan rusuh?

apakah ada kemungkinan bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik jika golput menang?

bukan hanya dijawab -iya-sudah-ada-ada, tapi juga lengkap dengan penjelasannya.

****

untuk jawaban poin satu sudah cukup jelas.

untuk poin berikutnya bisa lebih diperjelas??

ataw lebih tepatnya saya ingin meyakinkan diri saya, bahwa jika golput menang, maka rusuh adalah suatu kepastian (bukan sekedar kemungkinan)

dan soal "people power",
saya ingin bertanya lebih jelas,
"people power" yang mana??

akankah sesama "people power" beradu jotos??

ataukah yang terjadi adalah rebutan kekuasaan antara para simpatisan calon pemimpin???

(mengingat bertumpuknya bursa calon pemimpin, dan betapa tunduknya rakyat pada "pemimpin"-nya masing-masing)

free font mengatakan...

2. Apa dampak golput jika menang?

Wah tergantung golputnya mas, kalo yg menang golput kecewa, kemungkinan rusuh besar, karena didasari kekecewaan yang "bisa' bermuara kekerasan. Kalo golput teknis yg menang ya adem ayem saja, lha wong yg salah KPU. Nah, Kalo yg golput ideologis yg menang, apalagi melebihi 50% dan didukung pemilik kekuatan (misal militer), kemungkinan pergantian kekuasaan bukan tidak mungkin akan terjadi. Nah, apakah rusuh apa tidak, tergantung metode yg dipake, kalao pake kudeta bersenjata ya pasti rusuh tapi kalo pake revolusi damai seperti yang dilakukan Rasul di Madina ya damai sajalah.

3. apakah ada kemungkinan bahwa jika golput menang, maka tidak akan rusuh?

Golput tidak menang saja rusuh bos. Rusuh itu tidak ada hubungannya dengan golput apa tidak. Kita semua nggak suka lah cara-cara rusuh apalagi cara-cara becek. Lho!! he he he

4. apakah ada kemungkinan bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik jika golput menang?

Segala kemungkinan ada bos. Yang saya tekankan di sini bahwa perubahan itu bukan karena golput apa tidak, tetapi apakah sistem dan penguasanya mau berubah apa tidak. Golput itu khan cuma efek saja.

mengenai people power ntar sajalah kepanjangan, lagian aku dah pegel ngetiknya he hehe peace bos

etikush mengatakan...

@free font

Weizz
gw suka nih jawaban loe...
sangat keren...
eh, tapi ada yang gw gak ngerti nih...



"Nah, Kalo yg golput ideologis yg menang"

keren banget istilahnya "golput idealis"
boleh dunkz gw tanya ciri-ciri golput idealis tuh kayak apa?




"Nah, apakah rusuh apa tidak, tergantung metode yg dipake, kalo pake kudeta bersenjata ya pasti rusuh tapi kalo pake revolusi damai seperti yang dilakukan Rasul di Madina ya damai sajalah"

sorry nih, bro,
pengetahuan gw soal agama sangat terbatas, alias sangat cekak....

Rasul yang dimaksud tuh maksudnya Nabi Muhammad SAW?
Trus gw juga gak tau kalo zaman dulu ada revolusi damai di Madina...

Tapi anggap sajalah gw percaya ama loe, kita anggap saja memang ada revolusi damai di Madina,

tapi masalahnya saat ini adalah tidak ada yang memiliki hati dan jiwa kepemimpinan, kharisma seperti Rasulullah SAW.

yang ada adalah pemimpin2 yang bangga jika pengikutnya meminum air bekas cuci kakinya...

jadi, mungkinkah terjadi revolusi damai???
lha wong pribadi Rasulullah-nya aja gak ada...


"Golput tidak menang saja rusuh bos. Rusuh itu tidak ada hubungannya dengan golput apa tidak."

ada pemerintahan yang berdiri tegak aja masih bisa rusuh, gimana kalo gak ada pemerintahan???

Bukankah tujuan golput adalah agar tidak ada pemerintahan (karna muak dengan pemerintahan)??




"Yang saya tekankan di sini bahwa perubahan itu bukan karena golput apa tidak, tetapi apakah sistem dan penguasanya mau berubah apa tidak. Golput itu khan cuma efek saja."

cuma perasaan gw donkz, ataw loe teriak2 golput emang cuma sekedar bluffing??




soal "people power" harus dibahas tuntas, karna gw pengen tahu, apakah kita sedang membicarakan "people" yang sama?

etikush mengatakan...

Mohon maaf banget, tadi kan saya moderasi komentar, trus uda saya kasih tanda ceklis, eh malah pencet ditolak.
maap yah, tapi ini ada back up-nya.
Diantaranya dari:



@free font pada 2009 April 10 22:21

boleh dunkz gw tanya ciri-ciri golput idealis tuh kayak apa?

Ideologis bos bukan idealis he he he. Golput ideologis itu golput karena memang tidak setuju dengan sistem yg diterapkan di negara ini. Contoh penerapan sistem ekonomi kapitalis liberal. jadi yg g setuju dengan penerapan sistem ekonomi liberal pasti g nyontreng. contoh yg golput idelogis tuh aktivis gerakan kiri.jadi, mungkinkah terjadi revolusi damai???
lha wong pribadi Rasulullah-nya aja gak ada...

Ya bisa lah bro. semua yg dilakukan Rasul itu adalah contoh untuk diikuti dan pasti bisa dilakukan oleh umatnya asal sungguh-sungguh. Memang tidak mudah. Rasul dan sahabat saja menghabiskan waktu yang lama apalagi kita.ada pemerintahan yang berdiri tegak aja masih bisa rusuh, gimana kalo gak ada pemerintahan???

Bukankah tujuan golput adalah agar tidak ada pemerintahan (karna muak dengan pemerintahan)??

Mbak Eti bisa saja, emang mbak Eti pernah golput kok tujuannya tidak ada pemerintahan? he he he. Nggak ada pemerintahan itu nggak bakal terjadi karena golput mbak (catat dan buktikan). Silahkan dicari, adakah bukti tidak adanya pemerintahan karena golput, saya mau tahu he he he.Golput 2009 saja yg kata Kompas sampai 40% (besar lho, dan ini pemenang sesungguhnya) tenang-2 saja, malah yg nyontreng yg ribut. :). Jadi tenang sajalah, kalau pemerintah mau baik, golputnya akan hilang sendiri kok, tapi kalau tidak mau baik khan seharusnya dicopot sama rakyat lha wong rakyat yg berkuasa kok bukan anggota DPR yang sebagian besar berjuang untuk kelompok, pemilik modal dan dirinya sendiri itucuma perasaan gw donkz, ataw loe teriak2 golput emang cuma sekedar bluffing??

bluffin itu makanan apa ya he he he sory g ngerti bhs inggrissoal "people power" harus dibahas tuntas, karna gw pengen tahu, apakah kita sedang membicarakan "people" yang sama?


Kalau inget jatuhnya Soeharto, ya kayak gitu lah, cuma saya lebih suka yg damaiPemilu legislatif udah kelar dan pemenangnya Golput!!!! kereeeen. Ayo pemerintah perbaiki dunk semuanya dan yg golput akan dukung kalian!!!!

etikush mengatakan...

^free font
oh, jadi golput ideologis adalah golput yang tidak setuju dengan sistem yang diterapkan di negeri ini...

apakah orang2 kanan yang golput karna pengen menegakkan syariah Islam secara keseluruhan juga bisa dikategorikan sebagai golput ideologis?


soal sosok Rasulullah Saw, gw lebih suka kalo kamu menyebutkan namanya.
tolong sebutkan manusia Indonesia yang saat ini memang sekaliber Rasulullah Saw.


bukan saya yang pernah golput, hanya saja saya pernah mendengar perbincangan para tukang beca...

"golput aja-lah...
ada pemerintah juga hidup susah...
mendingan sekalian aja gak ada pemerintah, biar semuanya susah..."

begitulah kurang lebih dari yang gw denger...


soal people power:

apakah kondom bekas pakai yang ditemukan di gedung MPR setelah lengsernya Soeharto adalah bekas "people power"?


apakah peristiwa bakar2an di jakarta pada bulan Mei 98 juga kerjaannya "people power"?


eh, tapi dengar2 katanya ada campur tangan CIA....
gimana sih...






oia, selamat yach atas kemenangan golput.


"Ayo pemerintah perbaiki dunk semuanya dan yg golput akan dukung kalian!!!!"

eh, tapi kok aneh, walaupun yang menang golput, napa tetep aja pemerintah yang memperbaiki semuanya?
trus kalo semuanya uda baik, baru golput ngedukung?


apa golput gak pengen turut andil dalam proses perbaikannya?


trus apa pengaruh positif untuk negeri ini atas kemenangan golput?

====================
let us enjoy it

seluruh pantun dan artikel di blog ini dihimbau untuk dicopas dan disebarluaskan (untuk tujuan non komersil) tanpa perlu minta izin pada
etikush.
cukup cantumkan link lengkap etikush ataw sekedar "by etikush" setiap kali anda copas.
ataw menuliskan "by etikush n adik" jika ada keterangan bahwa pantun tersebut dibuat bersama adik.
terima kasih.

SELAMAT MENJELAJAH BLOG PANTUN etikush!!!
=======================

semua pantun+artikel+tulisan di blog ini adalah bikinan etikush.
kecuali
jika pantun+artikel+tulisan tersebut disertai catatan tambahan mengenai nama penulis ataw sumbernya.

========================
blog etikush memiliki aturan yang berlaku bagi setiap pengunjung blog etikush.
tentunya aturan tersebut sejalan dengan aturan blogger menyangkut hak cipta.
bila ada yang berkeberatan, harap dimengerti bahwa ini untuk kedamaian dunia akhirat anda.

salam damai
:)


========================


seluruh artikel yang menampilkan o-on dkk (i-in+a-an+e-en+u-un) bersifat fiktif dan sekedar rekayasa semata...

===============================
ada ibu berkata pada anak perempuannya:
klo kmu ampe nangis gara-gara pacarmu, mama gak akan marah ama pacarmu.
tapi mama pasti marah ama kmu, krn mama gak pernah ngajarin kmu untuk jd cewek bego yang pcaya mulut cowok.


============================== Berbeda dengan hak merek dan hak paten yang bersifat konstitutif, hak cipta bersifat deklaratif. Artinya, pencipta atau penerima hak MENDAPATKAN PERLINDUNGAN HUKUM SEKETIKA setelah suatu ciptaan dilahirkan. Lebih lanjut tentang hak cipta HUKUMHAM.INFO ==============================

tidak menemukan pantun yang anda inginkan?
silahkan masukkan kata yang anda inginkan pada kotak pencarian.
etikush
menyediakan lebih dari satu judul pantun untuk satu tema pantun yang sama.
(tersedia sekitar 1003 BAIT pantun)

Cari Pantun

hei cewek!!!
pernah dapet pantun yang membangkitkan gelora asmara (bikin kamu Ge-eR) dari cowok???
kalo pernah, ikuti langkah2 dibawah ini:
* baca kembali pantun tersebut
* masukkan rangkaian kata dalam pantun tersebut ke kotak pencarian
* bersyukurlah jika pantun tersebut muncul di blog ini, se-enggaknya kamu tau kalo tuh pantun bikinan cewek manis bernama etikush...
hehehe...
:))
=========================================
ATURAN COPAS mencantumkan " by etikush "
=========================================
ANDA PENGANUT COPAS TANPA ATURAN? Klik Disini =========================================
=========================================
makasih banget buat kamu2 yang rajin ngunjungin blog etikush,
apalagi buat yang uda kasih 'constructive comment' dan uda naro etikush di blogrollnya, thanks a lot buddies.


semoga ridho ALLAH SWT selalu bersama qta
dan semoga ALLAH SWT senantiasa menunjukkan jalan yang lurus pada qta
Aamiiin...
:)
=========================================
CARA MENGHAPUS PERMANEN AKUN FACEBOOK klik disini
=========================================

============== PANTUN PANTUN KEREN klik disini ==============

saya

Foto saya
sedang berperahu bersama penyair bersahaja

saya tidak memiliki akun facebook

etikush berhubungan dengan penyair bersahaja